universitas gunadarma

universitas gunadarma
gundar

Rabu, 01 Mei 2013

Artikel Tentang Komputasi Modern


Sebagian besar manusia di dunia mengetahui apa itu komputer, komputer berbeda dengan komputasi. Jadi, komputasi merupakan suatu cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Sedangkan komputasi modern adalah suatu metode untuk penyusunanan model matematika, teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu.

Dalam penggunaan praktisnya, biasanya berupa penerapan suatu model simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu. Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Sebenarnya sudah lama komputasi modern ini di cetuskan dan tokoh di balik semua ini yaitu John Von Neumann, Beliau merupakan ilmuan besar saat ini. Beliaulah yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory dan dikenal sebagai arsitektur komputer modern.

Komputasi modern digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang ada, perhitungan komputasi modern yaitu seperti :

•    Akurasi (bit, floating point)
•    Kecepatan (dalam satuan Hertz - Hz.)
•    Problem volume besar (paralel)
•    Modeling (NN dan GA), dan
•    Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)

Tiga Jenis Model Komputasi

a. Model Fungsional : terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi-fungsi dan operasi aplikasi fungsi dan komposisi fungsi. Fungsi dapat mengambil fungsi lain sebagai argumentasi dan mengembalikan fungsi sebagai hasil (higher-order function). Suatu program adalah koleksi definisi fungsi-fungsi dan suatu komputasi adalah aplikasi fungsi.

b. Model Logika : terdiri dari satu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis. Program terdiri dari definisi hubungan dan suatu komputasi adalah suatu bukti (suatu urutan kesimpulan).

c. Model Imperatif : terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu keadaan dan operasi tugas untuk memodifikasi pernyataan. Pernyataan adalah set pasangan nilai-nama dari konstanta dan variabel. Program terdiri dari urutan tugas dan suatu komputasi terdiri dari urutan pernyataan.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
http://runabhel.blogspot.com/2012/05/implementasi-komputasi-modern.html
http://agil-mushlih.blogspot.com/2012/04/komputasi-modern.html
http://newprofil.blogspot.com/2011/02/komputasi-modern.html

Komentar Pribadi :
Setelah saya membaca arikel diatas, menurut saya perkembangan zaman dahulu ke zaman sekarang berkembang sangat pesat. Ketika di zaman dahulu masyarakat melakukan perhitungan dan komputasi masih menggunakan pena dan kertas, kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. 

Sekarang dengan adanya komputasi modern pada zaman seperti sekarang ini, sangat membantu untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Sebagai contohnya kita akan melakukan perhitungan-perhitungan kompleks yang bisa mencapai ribuan data yang dapat dengan mudah dikerjakan manusia dengan bantuan komputer. Hal ini tentunya dapat mengurangi waktu, biaya dan lain sebagainya. Sehingga dengan adanya komputasi modern memiliki akurasi dan kecepatan dalam proses membuatnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar