Definisi
E-Commerce:
Perdagangan
elektronik atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www,
atau jaringan komputer lainnya. Yang terlibat dalam E-commerce yaitu transfer dana elektronik, pertukaran data
elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data
otomatis.
Perbedaan
E-Commerce dengan E-Business
E-Business
dan E-Commerce adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Istilah e-commerce dan
e-bisnis mungkin kedengarannya sama tapi secara teknis sebenarnya keduanya
berbeda.
E-Business
adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu,
atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama
sehingga dapat memberikan keuntungan yaitu dapat berupa berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi,
efisiensi dan peningkatan produktivitas dan profit.
E-Commerce
adalah pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui sistem elektronik
seperti internet dan jaringan komputer lainnya.
Maka
E-business itu luas, sedangkan E-Commerce lebih sempit lagi, karena merupakan
bagian dari e-business. Gampangnya e-business merupakan suatu kegiatan bisnis
yang dilakukan melalui teknologi informasi dan terhubung melalui internet,
sedangkan e-commerce merupakan suatu transaksi jual beli dengan menggunakan
teknologi informasi yang terhubung dengan internet. E-Business belum tentu
menerapkan sistem e-commerce, sedangkan e-commerce sudah tentu melakukan
praktek e-business.
Perbedaan
yang mendasar antara e-business dan e-commerce adalah bahwa tujuan e-commerce
memang benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang), sedangkan
e-bussiness berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak
seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja,
relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainya.
Penjualan
E-Commerce :
Industri
teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial,
seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management),
e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan
transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik
(electronic data interchange /EDI), dll.
Pengamanan
dalam E-Commerce:
Teknologi dasar yang digunakan dalam pegamanan data untuk E-Commerce yaitu Kriptografi.
Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana membuat suatu pesan yang dikirim dan dapat disampaikan kepada penerima dengan aman.
Sifat-sifat dalam Kriptografi meliputi :
1.Kerahasiaan (confidential) dari pesan dijamin dengan melakukan enkripsi (penyandian), sehingga pesan yang telah disandikan itu tidak dapat dibaca oleh orang-orang yang tidak berhak.
Teknologi dasar yang digunakan dalam pegamanan data untuk E-Commerce yaitu Kriptografi.
Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana membuat suatu pesan yang dikirim dan dapat disampaikan kepada penerima dengan aman.
Sifat-sifat dalam Kriptografi meliputi :
1.Kerahasiaan (confidential) dari pesan dijamin dengan melakukan enkripsi (penyandian), sehingga pesan yang telah disandikan itu tidak dapat dibaca oleh orang-orang yang tidak berhak.
2.Keutuhan (integrity) dari pesan, sehingga pada saat pesan itu dikirimkan tidak ada yang bisa mengutak-atik ditengah jalan.
3.Jaminan atas identitas dan keabsahan (authenticity) jati diri dari pihak-pihak yang melakukan transaksi.
4.Transaksi dapat dijadikan barang
bukti yang tidak bisa disangkal (non repudiation) jika terjadi sengketa atau
perselisihan pada transaksi elektronik yang telah terjadi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar